Minggu, 14 April 2013






NO
NAMA EVENT
LOKASI
WAKTU
SINOPSIS KEGIATAN
1
Maulid Akbar
Provinsi Aceh
Januari-April 2013
Peringatan Maulid Akbar 2013 merupakan puncak peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilakukan secara besar-besaran oleh Pemerintah Aceh dan seluruh masyarakat Aceh yang berpusat di Masjid Raya Baiturrahman, masjid kebanggaan masyarakat Aceh.
2
Pacuan Kuda Tradisional
Aceh Tengah
Februari dan September 2013
Pacuan kuda tradisional yang dikendarai oleh joki anak-anak dan menunggang kuda tanpa sadel serta perlengkapan lainnya. Akan terasa sangat kental dengan berbagai budaya pesta rakyat karena memeberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dan menjadikannya obyek wisata yang atraktif
3
Pacuan Kuda Tradisional
Bener Meriah
Februari dan Juni 2013
Pacuan Kuda tradisonal yang disertai dengan pasar rakyat dan berlokasi di Bener Meriah.
4
Festival Danau Laut Tawar
Aceh Tengah
Februari 2013
Merupakan multievent yang bertujuan mengundang wisatawan untuk berkunjung ke Aceh Tengah. Rangkaian kegiatan terdiri dari Pacuan Kude, Swim Cross Danau Laut tawar, Festival Budaya Gayo dan berbhagai kegiatan atraktif lainnya.
5
Laut Tawar Bike Championship
Aceh Tengah
April 2013
Kegiatan ini merupakan acara lomba sepeda yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya di Kabupaten Aceh Tengah. Rute yang ditemput adalah mengelilingi Objek Wisata Laut Tawar yang indah dan masih segar udaranya.
6
Putro Phang Art and Music Weekend Show
Banda Aceh
Mei 2013
Putroe Phang Art and Music Show adalah parade seni dan pertunjukan musik yang diselenggarakan secara teratur di salah satu situs sejarah Aceh yaitu Taman Putroe Phang.  Acara ini memepertunjukkan berbagai macam atraksi seni termasuk musik dan tari seperti Dalail Khairat, Debus dan Tambur.
7
Festival Culiner Aceh
Provinsi Aceh
Juni 2013
Festival ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan kuliner Aceh pada wisatawan pencinta kuliner. Festival ini juga mendorong kreativitas masyarakat terhadap produk-produk kuliner di Aceh.
8
Tour The Bycicle
Banda Aceh-Calang
Juni 2013
Kegiatan lomba sepeda dengan target peserta lokal dan mancanegara yang mengambil rute pantai barat Aceh (Banda Aceh – Calang) yang sangat fantastis. Kegiatan ini merupakan ajang promosi keindahan wisata alam Aceh khususnya pantai.
9
Pekan Kebudayaan Lhokseumawe
Lhokseumawe
28 Juni- 2 Juli 2013
Kegiatan ini menampilkan keunikan khasanah budaya dan keanekaragaman atraksi kesenian daerah Lhokseumawe. Didalamnya ditampilkan pula berbagai hasil kerajinan dan kuliner khas.
10
Lomba Panen Padi “Reusam Munoling”
Aceh Tengah
Juni-Juli 2013
Resam Munoling (Bahasa Gayo) dapat diartikan sebagai Panen padi tradisional Gayo. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan nilai tradisi budaya Gayo. Rangkaian kegiatannya antara lain ;
-       Munuling (memotong padi),
-       Mujerang (memasak masakan khas untuk dikonsumsi anggota tim),
-       Nos Seladang (membangun gubuk sementara gudang padi),
-       Mubenuh (memindahkan panen padi ke seladang),
-       Natur (menata padi yang sudah dipanen ke seladang),
-       Nejik (merontokkan padi),
-       Munejes (memisahkan butiran padi dengan jerami) dan ,
-       Munangin (pemisahan butiran padi yang berkualitas bagus dan jelek dengan tenaga angin)
11
Festival Budaya Melayu
Aceh Tamiang
Juni 2013
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelestarian kesenian dan budaya Melayu yang menampilkan keunikan khasanah budaya dan atraksi kesenian Melayu
12
Ramadhan Fair
Provinsi Aceh
Juli 2013
Merupakan salah satu upaya menghidupkan Bulan Suci Ramadhan dalam bentuk pameran budaya, wisata,kuliner dan atraksi kesenian yang islami yang diikuti oleh peserta dari 23 kab/kota.
13
Festival Seni Budaya Gayo
Aceh Tengah
Agustus 2013
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelestarian kesenian dan budaya Gayo yang menampilkan keunikan khasanah budaya dan keanekaragaman atraksi kesenian suku Gayo
14
Pertemuan Tauhid Taswuf International
Aceh Selatan
31 Agustus-2 September 2013
Merupakan kegiatan tahunan yang berisi seminar, workshop dan pertemuan ulama-ulama tauhid dan tasawuf sedunia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan para ulama sekaligus melahirkan rekomendasi mengenai isu-isu keIslaman

15
Pemilihan Duta Wisata Aceh 2013
Provinsi Aceh
September 2013
Pelaksanaan Pemilihan Duta Wisata Aceh dilakukan di Banda Aceh dengan melibatkan peserta dari seluruh kab/kot. Pemilihan Duta Wisata tersebut diharapkan dapat memilih kader wisata unggulan yang selanjutnya akan menjadi Duta Wisata Aceh untuk mewakili daerah pada tingkat nasional.
16
Festival Seudati
Bireun
September 2012
Merupakan perlombaan Tari Seudati yang merupakan tarian khas Aceh. Diikuti oleh perwakilan tari dari seluruh kab/kota di Aceh dan disemarakkan dengan pameran wisata, budaya dan kerajinan khas.
17
International Diving Festival
Sabang
September 2013
Kegiatan ini merupakan Festival Diving tingkat Internasional yang diselenggarakan di Sabang. Disemarakkan dengan pameran pariwisata dan budaya serta atraksi kesenian Aceh.
18
International Surfing Festival
Simelue
September 2013
Kegiatan ini merupakan lomba Surfing yang diikuti oleh peserta lokal dan mancanegara. Diselenggarakan di Pulau Simelue yang memiliki ombak yang sangat menantang Disemarakkan dengan pameran pariwisata dan budaya serta atraksi kesenian Aceh
19
Pekan Kebudayaan Aceh
Provinsi Aceh
20-29 September 2013
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya dan kesenian Aceh yang menampilkan keunikan khasanah budaya dan keanekaragaman atraksi kesenian daerah dari 23 kab/kota di Aceh. Dilokasi pameran yang sangat luas anjungan tiap-tiap kabupaten kota berbentuk rumah adat masing-masing daerah.

20
Simelue Dragon Boat International
Simelue
12-17 Oktober 2013
Simelue terdiri dari banyak pulau dan sejak zaman kuno , kano dan dayung telah menjadi bentuk penting komunikasi. Hari ini mengayuh telah tampil dalam bentuk yang berbeda dan berubah menjadi sebuah olah raga yang populer dan menjadi daya tarik wisata.
21
International Rafting Festival
Aceh Tenggara
Oktober 2013
Kegiatan ini merupakan lomba Rafting tingkat Internasional. Jeram yang ditempuh peserta adalah jeram kelas III-IV dengan pemandangan asri Taman nasional Gunung Leuser dikiri dan kanan track.  Kegiatan ini juga disemarakkan dengan pameran pariwisata, budaya dan atraksi kesenian Aceh.
22
International Geulayang Tunang
Banda Aceh
Oktober 2013
Kegiatan ini merupakan lomba Layang-layang tradisonal yang diikuti oleh peserta lokal dan mancanegara. Bebagai corak layangan khas masing-masing  negara akan tampil dan menghias langit Aceh. Acara ini disemarakkan dengan pameran pariwisata dan budaya serta atraksi kesenian Aceh
23
Seumuleng
Aceh Jaya
Oktober 2013
Merupakan atraksi budaya ritual masyarakat Aceh Jaya, dimana sesajian makanan (Seumeuleung) khas daerah ini dipersembahkan kepada turunan raja-raja, khususnya pada setiap Hari Raya Idul Adha.
24
Wisata Qurban
Provinsi Aceh
Oktober 2013
Perayaan Idul Qurban atau Hari Raya Idul Adha di Aceh sangat khas dan meriah. Pengunjung dapat menyaksikan kesibukan sejak H-1, dimana tradisimeugang dilakukan. Kemeriahan takbir yang disertai pawai dilakukan masyarakat sampai dengan tiga hari setelah Idul Adha (hari Tasyrik). Prosesi penyembelihan hewan kurban juga menjadi atraksi tersendiri, dimana masyarakat bahu-membahu membersihkan dan memebagi-bagikan daging kurban kepada yang berhak dan ditutup dengankhenduri atau makan bersama.
25
Aceh Coffee and Food Festival
Banda Aceh
Oktober 2013
Merupakan kegiatan tahunan yang menggelar berbagai kuliner khas aceh dan kopi Aceh yang terkenal. Pengunjung dapat melihat dan menikmati berbagai kuliner khas yang ada di Aceh dan hanya disuguhkan pada waktu-waktu tertentu.
26
Pacuan Kuda Tradisional
Gayo Luwes
November 2013
Pacuan Kuda Tradisosnal yang dilaksanakan oleh masyarakat Gayo Luwes dan dimeriahkan oleh bazar tradisional.
27
Swim Crossing Danau Laut tawar
Aceh Tengah
November 2013
Kegiatan ini merupakan acara tahunan menyambut hari air sedunia dan telah tercatat dalam agenda resmi United Nation. Kegiatan ini berupa melintasi Danau Laut Tawar  dari arah selatan ke utara sepanjang 4 km yang diikuti oleh peserta lokal dan mancanegara.
28
Pemilihan Duta Wisata Nasional 2013
Provinsi Aceh
November 2013
Tahun 2013 Aceh mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan ajang pemilihan Duta Wisata Indonesia yang diikuti oleh para Duta Wisata Daerah dari 33 provinsi di Indonesia. Melalui kegiatan ini akan dipilih Duta Wisata Indonesia 2013.
29
Renungan 8 Tahun  Tsunami
Aceh Besar
26 Desember 2013
Pemerintah Aceh dalam rangka mengenang kembali tragedi yang menimpa Aceh terus melakukan Peringatan Bencana Tsunami setiap tanggal 26 Desember, khususnya dilokasi terjadinya tsunami melalui kegiatan religius seperti, tahli, dzikir, shalawat badar dan tausiah serta pembacaan doa bersama.

Posted by Unknown On 19.39 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube